Panduan Bisnis On-Line untuk Pemula (Recommended)

Pernah dengan ttng Bisnis On-Line? Pernah dengar ada pebisnis On-LIne yang mendapatkan uang puluhan juta perbulan dari bisnis ini? Semua itu diawalai dengan proses belajar. Tida ada yang instan. Kami menawarkan sebuah program yang akan membimbing Anda menjadi pebisnis on-line yang handal. Program kami, InsyaAllah dijamin berhasil dan bergaransi. Dibimbing secara langsung oleh pakar yang sudah berpengalaman selama 100 hari (GRATIS via email) Penasarannn...! Silahkan bergabung di PANDUAN BISNIS ON-LINEDIJAMIN, Anda tidak akan merasa rugi.
info lowongan kerja terbaru - kerja di rumah

Wednesday, July 9, 2008

Microsoft, Novell, dan GPL 3

GPL (GNU Public License) adalah lisensi yang diciptakan dan dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Richard Stallman, pendiri Free Software Foundation (FSF). Saat ini lisensi GPL telah memasuki versi 3 dan masih dalam tahap penyempurnaan. Rencananya versi final GPL 3 ini akan dipublikasikan pada bulan Juli 2007.
Draft pertama dari GPL versi 3 dikeluarkan pada tanggal 16 Januari tahun lalu, dan sampai tulisan ini dipublikasikan telah mencapai draft yang ketiga.
Dorongan seputar penyempurnaan GPL tak terbendung dan makin "panas" tatkala pada tanggal 2 November 2006 tahun lalu, Novell - produsen dari Suse Linux - sebagai perusahaan open source dan Microsoft menandatangani perjanjian pertukaran hak paten untuk produk yang mereka hasilkan. Mereka juga bekerjasama untuk penyempuranaan perangkat lunak masing - masing agar dapat saling kompatibel. Perjanjian ini tentu saja membuat gerah para pendukung perangkat lunak bebas (free software). Mereka merasa dilecehkan dengan keputusan Novell tersebut.
Pada awal Februari 2007, Reuter melaporkan bahwa FSF akan mereview hak Novell untuk menjual ver si Linux, dan mungkin akan melarang Novell untuk menjual Linux, sebagai imbas perjanjian tersebut. Namun kemudian Eben Moglen ketua dari Software Freedom Law Center membantah hal tersebut, dan menganggap pernyataan tersebut terlalu dilebih-lebihkan oleh Reuter.
Para pendukung Free Software saling beraksi. Salah satunya grup Samba memberi peringatan keras kepada Novell untuk membatalkan perjanjian tersebut. Sementara pendukung lainnya meluncurkan website yang mengajak komunitas untuk memboikot Novell (Boycott Novell) Richard Stallman sendiri mengatakan, "GPL didesain untuk memastikan bahwa semua pemakai program menerima 4 kebebasan utama yang didefinisikan oleh perangkat lunak bebas, yakni: Kebebasan untuk menjalankan program yang sesuai, kebebasan untuk mempelajari dan mengadopsi sesuai kebutuhan sendiri, kebebasan untuk mendistribusikan salinan, dan kebebasan untuk menghasilkan versi modifikasi program untuk selanjutnya disebarluaskan ke khalayak ramai. Perjanjian paten antara Microsoft dan Novell adalah usaha untuk menghancurkan kebebasan ini. Dalam draft ini kami bekerja keras , guna mencegah perjanjian - perjanjian semacam itu."
Richard Stallman sendiri mengakui kalau perjanjian patent Novell/Microsoft tersebut tidaklah melanggar isi dari GPL versi sebelumnya, GPL versi 2 . Stallman menambahkan, "Barangkali ini adalah hal yang baik juga kalau Microsoft melakukannya sekarang, karena sebelumnya kita tidak menemukan teks tertulis di GPL yang dapat mencegah ini. Belum terlalu terlambat, dan kita akan pastikan bahwa saat GPL versi 3 telah keluar , perjanjian semacam ini tidak akan terulang kembali."
Sumber: Majalah Linux Edisi 1 (http://majalah.linux.baliwae.com)

0 comments:



Free Web Hosting with Website Builder
Template by : kendhin x-template.blogspot.com